Selasa, 15 Mei 2012

Training Of Trainer (TOT) Tim Relawan Sekolah (TRS) dan Tim Relawan Masyarakat (TRM)

Setelah melewati tahapan launching dan juga TOT Motivator, maka tibalah saatnya memberikan pengarahan dan edukasi kepada para kader dan guru sebagai perwakilan TRM dan TRS masing-masing wilayahnya. Sasaran dari program ini sebanyak 35 sekolah dan 35 posyandu dari wilayah Makassar Green and Clean yang masuk dalam 35 besar tahun 2012. Menargetkan sekitar 30 orang dokter kecil per sekolah pendampingan dari 35 sekolah sehingga terdapat total keseluruhan 1.050 siswa. Sedangkan di wilayah posyandu, akan dibentuk 5 orang kader generatif sehingga total kader keselurahan di wilayah pendampingan IHPP berjumlah 175 kader. 

Untuk mendukung kegiatan ini, maka dilakukan sebuah kegiatan Training Of Trainer (TOT) bagi para fasilitator Tim Relawan Masyarakat (TRM) & Tim Relawan Sekolah (TRS). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran awal dan pemahaman kepada TRS dan TRM akan PHBS di kota Makassar khususnya di lingkungan posyandu dan lingkungan sekolah. Peserta dari kegiatan ini berjumlah 70 orang yang berasal dari 35 orang fasilitator sekolah dan 35 orang fasilitator posyandu. Diharapkan dari kegiatan ini, para fasilitator yang berasal dari guru dan kader posyandu, memiliki pengetahuan baru akan PHBS sehingga mereka dapat membagi pengetahuan tersebut ke lingkungan masyarakat dan sekolah.

"Karena berbagi pengetahuan itu penting dan bernilai ibadah, terlebih lagi pengetahuan kesehatan sebagai hak dasar hidup dalam Human Development Index (HDI)". (Motivator)


Adapun acara ini dibuka oleh Bapak Asisten II Pemerintah Kota Makassar, dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar. Bersyukur selama 2 hari tersebut, para peserta tetap semangat hingga akhir acara. Kegiatan berlangsung di Aula Sehat Dinas Kesehatan Kota Makassa selama 2 hari pada tanggal 11-12 April 2012. Kegiatan dimulai sejak jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Dan syukurnya animo para kader posyandu dan guru sangat besar sehingga hanya sehari saja ada satu sekolah yang tidak hadir, itupun diakibatkan oleh karena adanya kegiatan yang bertepatan dengan sekolah yang bersangkutan.

Materi yang diberikan kepada para TRS dan TRM adalah materi mengenai program IHPP oleh Ikrom Trianto, S, TP. Kemudian dilanjutkan materi kedua oleh drg. Ita Anwar mengenai kesehatan gigi mulut. Ditambah pula ada testimonial dari beberapa orang guru-guru pengurus Forum Sekolah Sehat yang merupakan pejuang-pejuang IHPP 2010 dan 2011. Kemudian di hari ke dua dilanjutkan dengan materi panel dari Ibu Wirda mengenai UKS, drg. Ita Anwar mengenai peran TP PKK dalam pelaksanaan posyandu serta dr. Tasmin mengenai PHBS di sekolah dan rumah tangga. Kemudian acara ini ditutup oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr. Naisyah T Azikin.





0 komentar:

Posting Komentar